Tuesday 21 August 2012

Side Story: Istanbul

Ini adalah beberapa cerita di balik perjalanan saya ke Istanbul, Turki.

1. Akomodasi.
Selama di Turki saya tinggal di Hostel dengan tarif 15 Euro/night. Hostel ini bernama Chambers of The Boheme, dan saya sangat merekomendasikan hostel ini bagi anda yang ingin bepergian secara low-budget ke Istanbul.

Tampak Muka Hostel
resepsionis dan salah satu penjaga hostel

2. Transportasi.
Menurut saya, transportasi di Istanbul sangat mudah dan bersahabat. Anda dapat dengan mudah menemukan petunjuk arah maupun cara mencapai suatu lokasi. Saya tidak ingin membandingkan keadaannya dengan Singapura, tapi kondisi transportasi di sini boleh dibilang sudah modern dan terpercaya. Meskipun masih ada beberapa kendala seperti waktu kedatangan dan pemberangkatan yang tidak pasti, harga yang mahal, dll.

kondisi di metro

kondisi di bus Havatas

3.Problem.
Bukan bermaksud untuk menakut-nakuti, tapi selalu ada saja hal-hal yang terjadi jikalau anda pergi ke Istanbul. Cerita ini saya dapatkan dari beberapa teman saya yang telah berkesempatan untuk mengunjungi tempat ini. Beberapa dari mereka pernah ketinggalan pesawat, kehilangan bagasi, kecopetan, dll.
Istanbul selalu saja meninggalkan kenangan baik dan buruk di benak setiap orang yang mengunjunginya :)
Saya sendiri.... selama tiba di sini telah mendapat banyak sekali pengalaman buruk. Pengalaman tersebut antara lain tersesat di jalanan Istanbul, hampir menjadi korban penipuan "friendly turkish scam", mendapat masalah Visa ketika hendak melanjutkan penerbangan ke Moldova yang mengharuskan saya menunggu 26 jam di bandara dan yang terakhir, sempat kehilangan bagasi ketika tiba di Moldova. Komplit sudah pengalaman saya menghadapi masalah penerbangan. Tapi untungnya ketika menghadapi masalah visa di bandara, ada seorang pegawai Turkish Airlines baik hati yang membantu saya dari A-Z termasuk memberi saya makanan dan minuman gratis selama proses menunggu kepastian visa.

Pegawai Turkish Airlines yang baik hati, "saya lupa namanya"

Itulah beberapa cerita di balik perjalanan saya ke Istanbul.

n.b: Thanks buat masukan bbrp temen.
Saya akan memberikan gambaran mengenai harga transportasi di Istanbul yang menurut saya mahal.
Tarif untuk sekali naik metro adalah 0.75 TL atau sekitar $ 0.4, dan kita harus membayar lagi apabila ingin pindah jalur.

"Judgment comes from experience, and great judgment comes from bad experience."
-Bob Packwood-



No comments:

Post a Comment